Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Diskusi semua tentang perawatan anak kucing, Tips dll

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby Hulk » Thu Dec 30, 2010 1:50 pm

Guys, sebelumnya aku minta maaf kalo ntar tulisanku ini banyak menyinggung rasa prikemanusiaan kita. Its just my opinion.

Kadang aku kalo ngelihat para pengemis di jalan jadi rada males untuk ngasi mrk. Bukannya nggak mau sedekah. Tapi kondisi fisik mereka sebetulnya masih cukup kuat untuk bekerja. Apalagi banyak yg bilang mrk itu sebetulnya ada yg mengkoordinir. Ada penampungannya pula. Jadi seringkali uang jatah untuk sedekah aku beliin cat food. Jaga2 kalo nemu stray cat yg lagi nyari makan. Secara, kayaknya mereka betul2 turun ke jalan demi bertahan hidup.

Aku bukannya nggak mau sedekah untuk sesama manusia. Sedekah itu biasa aku sumbangkan ke badan2 amal resmi. Bukan sistem one by one seperti di jalan. Nah aku pernah dikritik orang dgn cara itu. Dia bilang : "Ngapain ngasih makan kucing jalanan. Pengemis aja masih banyak."

Mau nggak mau kalimat itu jadi bahan pikiran aku. Yah, mungkin orang itu ada benarnya. Sebab kucing2 kita di rumah pasti taraf hidupnya jauh lebih bak dari pada tunawisma sekalipun. Ya, kan kita sayang kucing2 kita. Gimana dong?

And, waktu dapat kritikan itu aku hanya bisa diam aja. Soalnya dia bukan cat lover sih. Sepatunya aja kulit buaya asli!!! Kebayang kan tipenya kayak apa? Aku sih nggak bakalan tega make apa2 yang terbuat dari bagian tubuh binatang asli.

Apa yg aku lakukan itu salah?
User avatar
Hulk
Newbie
Newbie
 
Posts: 541
Joined: Sun Oct 04, 2009 12:00 am

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby april » Thu Dec 30, 2010 6:25 pm

ga salah kali mbak.. pengemis maupun kucing stray dua-duanya sama2 memerlukan bantuan... siapa lagi yang mau ngebantu kucing stray kalau bukan cat lover? Kalau pengemis mereka masih bisa mencari makan sendiri, dan sudah ada lembaga bantuan sosial buat masyarakat yang miskin. Kita bukannya dodol karena kita ngasih makan ke kucing, karena memang siapa lagi yang bs bantu?

Dan buat side note, saya si pribadi punya pendapat kalau sebenarnya semua orang asal berusaha pasti sedikit demi sedikit taraf hidupnya pasti naik.. kalau pasrah saja menunggu bantuan dan mengharapkan orang lain kita akan tetap berjalan di tempat.. oleh karena itu saya si bukannya ga mau membantu pengemis ya, tapi saya pilih2 kalau orangnya emang udah tua dan kelihatan ga mampu cari kerja saya bantu, tapi kalau badannya masih muda dan sehat terus mengemis itu perlu dipertanyakan d o.o
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby violinisart » Sun Jan 02, 2011 10:18 pm

Kalo menurutku sih, gak salah. Soalnya Meong tidak diberi akal oleh Sang Pencipta selayaknya manusia. Jadi wajar kita membantu meong. Membantu meong juga merupakan kebaikan, kok.

Tergantung dari niat aja. :)
User avatar
violinisart
Newbie
Newbie
 
Posts: 38
Joined: Thu Oct 21, 2010 10:13 pm
Location: Makassar

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby Hulk » Fri Jan 14, 2011 8:54 am

Cara yg kita lakukan sama dong. Ambil stray cat di jalan. Terus rawat mereka dgn baik. Tapi selama ini yg bisa aku bawa pulang hanya yg kitten aja. Soalnya kalo yg udah gede sering lari waktu didekati. Jadi hanya bisa berbagi makanan aja.
User avatar
Hulk
Newbie
Newbie
 
Posts: 541
Joined: Sun Oct 04, 2009 12:00 am

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby Jiro » Mon Jan 09, 2012 12:01 am

waaah... asik neh baca buat rumah penampungan kucing...hehehe jadi pengen ikut berpartisipasi... :idiot ayooo dong diadain...biar populasi kucing bisa makin bertambah dengan taraf hidup yg baik... :mrgreen:

Kalo nanggapin "pengemis" (Orang Ga Mampu .RED) di jakarta banyak banget pengemis, bahkan pernah pas mau berangkat kerja, (udah macet, keringetan, panass <-- yg ini karena berangkat telat :bobo dan maklum cuma pake motor) di minta mintain, karena emang kebiasaan nyiapin recehan, ya di kasih. eh... pas udahan lampu ijo, tu pengemis ngeluarin HP (hebat pengemis di jakarta mah :lol: ) setengah decak heran, ternyata emang pengemis juga ada yg -hanya berpura-pura atau asli bener-bener ngemis untuk hidup- terkadang emang susah bedain antara keduanya....

tapi terlepas dr semua itu (pikiran sok tau saya) untuk ngasih Mereka (baca : orang ga mampu / berpura pura ga mampu) yg penting NIAT kitanya mau nolong sesama, baik itu manusia, kucing, hewan apapun (kadang klo ngliat tikus juga ada rasa kasian si) lebih baik jangan Men Judge orangnya bagaimana, karena saya rasa itu bukanlah suatu KEINGINAN mereka untuk mengemis, akan tetapi sempitnya pikiran mereka untuk mencari peluang di mana mereka bisa survival untuk tetap bertahan hidup. dampak yg terjadi adalah adanya GAP antara KITA (yg sadar dan tau ilmu hidup) dgn mereka yg mengambil jalan untuk mengemis dijalan (meskipun bukan berarti pilihan yg mesti dibenarkan). jadi hemat saya adalah selama kita mampu menyisihkan sedikit seceng dua ceng lah.. :lol: untuk mereka tanpa perlu tau dr mana asal mereka akan lebih adil untk pikiran kitanya (karena ga harus mikir itu bener apa kagak si pengemis ato hanya berpura pura ngemis dsb) dan untuk yg mungkin emang ngebutuhin uluran tangan kita melalui media "ngemis di jalanan". :D :D :D

So n than... (jiaaaaah) merawat kucing sekaligus menambaha pahala (karena nabi pun merawat kucing) dan mendapat pahala yg murni, karena membantu tidak pandang bulu.

Akhir kata

"tidak akan jadi sebuah negara jika tidak ada pengemis didalam nya, bahkan USA sekalipun" (Rudolf Kein 1998)

In My Opinion... :idiot :idiot :idiot
User avatar
Jiro
Newbie
Newbie
 
Posts: 50
Joined: Mon Jan 02, 2012 8:08 pm
Location: Jekardah endonesia

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby nelineli » Sat Feb 23, 2013 8:21 pm

punya kucing namanya encing, dia tuh lucu banget tiap ke kampus dia nganter sampei pager rumah dan pulangnya dia nungguin depan pintu, itu rutin hampir tiap hari.. sayang banget sama tuh encing.. tapi kaka paling ga suka sama kucing dan maksa buat ngebuang, soalnya dia lagi hamil
engga tau lagi mau dikemanain, saking sayangnya :( ada yang tau ga mesti dikemanain? apa ada yang mau?
User avatar
nelineli
Newbie
Newbie
 
Posts: 1
Joined: Sat Feb 23, 2013 7:00 pm
Location: bandung

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby JerBie » Sun Feb 24, 2013 12:21 am

Sementara mungkin bisa ditaruh di suatu tempat lain dulu...
Sebenarnya bisa aja kucingnya di cek toxo pake alat tes di dokter... biayanya 100rb sekali cek...
User avatar
JerBie
Newbie
Newbie
 
Posts: 874
Joined: Sun Jun 20, 2010 12:00 am

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby vix2323 » Mon Mar 04, 2013 3:57 am

JerBie wrote:@ wendy:
boleh n bener juga tuh usulnya. cuma kalo kitten kan harus ada yang urus dulu sampe cukup usia buat stray dll. masalahnya dimana itu?

@ all:
any other suggestion? terus terang sampe detik ini gue bersyukur tuh kucing kemarin agak bergerak, kalo gak, bisa gawattt :idiot



Om,,,
maksud yg diatas,,, kucing itu dipelihara dlu sambil nunggu adopter yg mau ngeadopsi si kucing,,, klo lewat dari tempo yg ditentukan dan kucing udah mandiri ya mau gak mau harus dilepas,,,, gitu maksudnya.
User avatar
vix2323
Newbie
Newbie
 
Posts: 21
Joined: Mon Mar 04, 2013 1:43 am

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby MamaPuci » Tue Mar 05, 2013 12:23 am

Di jakarta ini ada beberapa shelter/rumah singgah hewan terlantar. disebut rumah singgah ya.. kalo penampungan hanya menampung. Beda antara penampung/pengumpul atau dalam bahasa ingris e sering disebut hoarder. Kalau singgah, tujuannya menampung sementara, sehingga nanti bisa diadopsi orang.

Beberapa shelter yang membuka diri al; Pondok Pengayom Satwa, Pejaten Shelter, HOS (House of Stray), Jakarta Animal Aid Network.
ada juga yang sifatnya tertutup : shelter2 milik org2 yg peduli dan mau menampung satwa2 liar yg terlantar.. tapi tidak ingin diketahui org.

Mengapa ada yg terbuka .. ada yg tertutup/tdk terbuka?.
Karena bagi shelter yang membuka diri.. resiko mereka menjadi tempat "pembuangan" jadi lebih besar.
semakin byk orang tau ada shelter.. semakin banyak pula orang yg membuang hewan peliharaannya.... lho kok bisa??... ya bisa.. dan itulah kenyataannya.
Tidak semua org yang bisa berkomitmen dengan hewan peliharaannya. Banyak org yg memiliki hewan, hanya utk punya-punya-an.. beli karena lucu, tapi setelah si hewan gigit2 sandal, cakar2 furniture, pipis embarangan, lalu sebelll.. atau si hewan sakit.. ngak mau keluar biaya ke dokter hewan.. atau si hewan sudah tua.. sdh ga lucu lagi.. ga kece lagi....
seribu satu alasan org membuang hewan peliharaannya.
Pemilik shelter yang nomer telepon adan alamatnya sdh tersebar di internet, itu juga yang paling berat. hampir setiap pekan ada saja orang yang telepon , mau membuang anjing atau kucingnya. Kalau shelter gak ngambil, pemilik bilang akan buang ke jalan.
Tau ngak, tempat populer utk buang hewan peliharaan di mana? : di jalan tol! bahwa banyak rescue-er menemukan anjing dan kucing ditbuang pemiliknya di jalan tol.. mungkin biar cepet kelindes kendaraan lewat.
Dan tau ngak.. kalo di shelter2 itu... ngak hanya ras lokal aja loh... anjing dan kucing mix dan ras juga banyak yg jadi penghuni shelter.

Kasian banget kalo semua beban ditanggung shelter. Baik hewan terlantar atau yang di-terlantar-kan.
Seandainya kita peduli... coba main ke shelter2 itu.. lihat kondisi disana.. bisa kirim sumbangan cat or dog food. Bisa juga mengadopsi, kalau cat lover lagi pengen nambah kucing di rumah. Atau bisa juga jadi orang tua asuh. Bisa juga jadi foster home (rumah perawatan+pelatihan sementara hewan mencari adopter). Bisa juga mendonorkan dana utk sterilisasi hewan. Banyak deh yg bisa dibantu... koran bekas aja di shelter selalu dibutuh lho.

Atau kalo tdk ke shelter, bisa juga kita mulai dari sekitar kita sendiri. Street feeding kucing2 liar di sekitar pemukiman kita. Dan terutama : Bbikin project pribadi atau dengan warga di tempat kita tinggal utk sterilisasi kucing.

Sterilisasi ini penting banget utk mengontrol populasi kucing lokal yg bisa dibilang tdk terkontrol. Kalo di negara2 maju, hal ini diurus pemerintah. Lha kalo di Indonesiah..nunggu pemerintah.. sama aja nunggu godot.

Kucing birahi setiap 2 bulan.. dan cukup 2 bulan saja utk masa bunting. dalam setahun bisa melahirkan 2 - 3 kali. setiap melahirkan bisa 3-7 kitten. lalu nanti anaknya dewasa.. lalu kawin lagi.. dst.
Bayangkan.. tanpa sterilisasi.. bisa berapa banyak kucing yang diproduksi hanya dari satu kucing yg hamil??

Ayo sisihkan dana atau galang dana di kompleks kamu utk project sterilisasi lokal. Supaya ngak makin banyak kucing terlantar.

Kasian kucing2 di jalan sering dianggap 'hama'; di usir2, digebukin, dilempar batu, dibuat mainan anak kecil, disiram air panas.. Hanya karena naik meja di warung, diberi lebel 'pencuri'. Padahal, mereka cuma lapar.

Kucing yang hidup di jalanan, masa hidupnya biasanya lebih pendek dari yg rumahan. Krn jumlah populasi yg banyak, sementara sumber makanan terbatas, maka mereka kerap berebut teritori. Akibatnya berkelahi, cakar2an, luka, infeksi, dll dsb.

Kalau kita peduli.. menurut saya sterilisasi kuncinya..
User avatar
MamaPuci
Newbie
Newbie
 
Posts: 77
Joined: Thu Feb 14, 2013 9:52 pm

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby witha_dred » Tue Mar 05, 2013 11:53 am

Setujuuuuu.. :D
Sekarang udah banyak orang2 yg mulai terbuka, peduli soal kesejahteraan hewan..
Lebih sering browsing2 yaa, di twitter, facebook or media social lainnya, udah banyak komunitas2 pecinta hewan yg bergerak untuk kesejahteraan hewan.
Ayo dooonk kita jg lebih aktif ikut partisipasi dlm bentuk apapun. Mulai dari diri sendiri, lingkungan sendiri, seperti sterile ur pets, streetfeeding di lingkungan sekitar kita, kalau ada uang lebih bisa bantu sumbang dana/catfood/dogfood/ apapun utk shelter/rumah singgah hewan2 terlantar itu.
Lakukan sekarang, apapun yg kamu bisa! Talk less do more! :cool
Kalo bukan kita, yg katanya "catlover", siapa lagiiiiii yg peduli sm mereka? :wink:
User avatar
witha_dred
Newbie
Newbie
 
Posts: 221
Joined: Thu May 05, 2011 3:56 pm
Location: Bogor

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby Ayoe_catlover » Wed Mar 06, 2013 10:48 am

Deae ALL,

Mau tanya nih ,pernah gak kalian dijalanan ngeliat kucing yg sudah mati?Aku udah 2x liat kucing mati saat dalam perjalanan
Pulang kantor,Tp aku bingung harus ngapain??Merasa bersalah klo hanya sekedar bilang"kasian..."
pengen bgt nguburin tp gimana n dimana?drumah gak ada area tanah kosong smua udah numpuk sama perumahan.

Mohon pencerahannya dari pengalaman kalian yah :)
Ayoe_catlover
Newbie
Newbie
 
Posts: 14
Joined: Mon Jun 11, 2012 10:22 pm

Re: Adakah tempat penampungan untuk anak2 kucing terlantar?

Postby bunganasution77 » Fri Mar 08, 2013 12:47 pm

waktu itu saya nemu kucing dikardus ,sayanya lgi makan. anehnya induknya gada. menurutku seh org yg punya kucing induknya kebablasan kawin ma lokal. anaknya lucu kaya anggora tapi buntutnya potong. salah ga seh anak kucing lahir?? kenapa gara2 kucing lokal dy dibuang?? padahal waktu itu ujan kayanya cz kardusnya basah..menurutku klo buang kucing sekalian ama induknya, biar anak kucing itu ada yg ngajarin. kucing likal slalu tertindas padahal klo kucing lokal dirawat bae2 pasti ga kalah ma kucing ras. 8)
bunganasution77
Newbie
Newbie
 
Posts: 3
Joined: Thu Mar 07, 2013 5:11 pm

Previous

Return to Perawatan Anak Kucing (Kitten)

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests