mata kitten-ku bengkak

Diskusi tentang semua penyakit kucing & pengobatannya

mata kitten-ku bengkak

Postby ririn » Wed Jun 04, 2008 10:08 pm

tolong lagi ya... :cry: :cry: :cry:
kittenku baru umur 2 bln, persia medium, waktu beli gak apa2 tp pas pulang besoknya matanya merah bengkak kelopak matanya sampe gak bisa liat malah saya merasa kadang kelopak matanya keluar lendir putih tp kayaknya bukan nanah
udah seminggu ini dari DRH dikasih salep mata chloramphenicol tp kok gak sembuh2 ya, kira2 emang lama sembuhnya atau saya mesti ganti obat apa ya? krn saya suka gak tega kl pas saya liat bola matanya hampir gak kelihatan krn ketutupan kelopak matanya yg bengkak itu
sampe mo nangis rasanya..... :(
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby kunamon » Thu Jun 05, 2008 12:10 am

Ya ampun kasihan.. apakah matanya aja yang bengkak atau ada gejala lain? Panas, hidung berair, badan lemah? Takutnya kena virus cat flu atau chlamedia?

Apa diagnosis dokternya?
User avatar
kunamon
Moderator
 
Posts: 1206
Joined: Fri Jul 06, 2007 12:00 am
Location: Paris - France

Postby pungkas » Thu Jun 05, 2008 8:24 am

Dulu aku juga pernah tuh begitu. Waktu pertama kali aku beli kucing persia usia hampir 4 bln, itu juga seperti itu. Awalnya pas aku beli sehat & bersih, tapi pas aku bawa pulang ke rumah, matanya seperti berair terus dan lengket di kelopak mata kalo sudah kering. Bukan itu saja tapi juga bengkak. Aku rajin bersihin matanya pake air hangat & kapas (tidak boleh basah sekali). Sehari dua kali (pagi dan malam) terus aku bawa ke dokter dan dikasih obat terramycin (yg mengandung tetrasiklin), dosisnya cuma 2 hari 1x. Alhamdulillah sekarang sudah mulai agak berkurang sakitnya. Biasanya kalo habis bangun tidur, kucing aku susah untuk buka mata, tapi sekarang dia sudah mulai bisa membuka matanya ketika habis bangun tidur.

Ririn, kamu harus sabar kalau merawat kitten. Apalagi usianya masih 2 bln. Kucing aku aja yg baru menginjak 4 bln masih suka sakit. Apalagi yg 2 bln. Kitten itu rentan sekali dengan penyakit. Karena dia masih kecil. Kalau masih ada induknya, dia pasti terawat. Misalnya kalau anaknya sakit mata, maka induknya yg akan mengobati dengan menjilat2 mata anaknya.

Semoga lekas sembuh ya kucingmu...

Salam..
User avatar
pungkas
Newbie
Newbie
 
Posts: 7
Joined: Tue Jun 03, 2008 12:00 am

Postby ririn » Fri Jun 06, 2008 1:07 pm

pagi ini saya kaget minta ampun, karena kitten saya itu dimatanya malah seperti ada daging tumbuh sebesar biji jagung, saya langsung nangis sejadi-jadinya, saya takut sekali, saya bawa lagi ke dinas peternakan (krn saya tinggal di madura, dokter hewan adanya cuman di sana) katanya dokter itu infensi sekunder dan penyakit itu susah disembuhkan, saya malahan tambah nangis denger kayak gitu. kata dokter mestinya udah mesti opname tp dokternya gak ngasih solusi kemana krn disini kan gak ada klinik untuk opname hewan, saya nanya rumah sakit umum gak ada yg mau, gimana....
akhirnya kata dokter, sementara dirawat sendiri dulu, salep matanya diganti obat tetes cendositrol sama dikasih puyer antibiotik dan anti radang katanya mesti ada kemajuan dlm 3 hari, saya mikir, kalo tetep gak ada kemajuan, gimana? setiap saya inget kondisi cleo (nama kitten saya) saya nangis terus...
kata dokter, ini salah saya, gak higienis waktu kasih salep mata, mestinya ngasihnya gak boleh pake tangan tp mesti langsung dari tube-nya trus kalo kompres matanya gak boleh pake air hanyat mesti pake yrin/borwater, saya kan gak tahu........
gimana dong kalo sampe 3 hari gak sembuh, saya takut banget kehilangan cleo, saya sayang banget, padahal cleo ini meski matanya sakit tp makannya dan minum tetep banyak, aktif, gak panas, gak pilek...........
doain ya semua.................... :cry:
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby kunamon » Sat Jun 07, 2008 1:05 am

Duh ikut sedih ngedengernya. :cry: Kalau lihat dari penjelasannya kayaknya memang infeksi dan drhnya menyarankan untuk memberikan antibiotik. Sebenernya pemberian antibiotik pun tidak boleh terlalu lama.

Yang saya tahu, drh yang berpengalaman dan ahli mengenai penyakit mata sangat jarang. Mungkin malah harus berkonsultasi sama dr spesialis mata manusia. Tapi sebelumnya harus cari tahu dulu kira2 apa sakit kucingmu.

Apa kondisinya seperti ini?

Image
User avatar
kunamon
Moderator
 
Posts: 1206
Joined: Fri Jul 06, 2007 12:00 am
Location: Paris - France

Postby Dee » Sat Jun 07, 2008 8:18 am

Eh dikasih Xendo Citrol? Bukannya itu sifatnya korosif? Katanya nggak boleh buat kucing? Bukannya Cendo fenicol yg dikasih?
User avatar
Dee
Moderator
 
Posts: 4748
Joined: Wed Jul 04, 2007 12:00 am

Postby ririn » Sat Jun 07, 2008 11:19 am

to:kunamon
iya, mirip2 kayak gitu matanya, emngnya sakit apa yg di photo itu?
gak bahaya kan? bisa sembuh kan?

to:dee
bener cendositrol obatnya, kata dokter hewannya, cendositrol tdk boleh dipake dlm jangka waktu lama cuman boleh paling lama 5 hari. jadi kalo CLEO gak membaik dlm 5 hari mesti balik lg ke sana dan gak boleh pake cendositrol lg

trus pagi ini, dokternya telpon nanya keadaannya gimana? krn katanya kalo gak membaik bisa kena radang paru, dan kalo udah kena kayaknya bakalan gak ketolong, sedih banget dengernya

tapi feeling saya keadannya ada kemajuan meski kira2 cuman 10%

tolong tetep minta doa-nya ya.........
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby Dee » Sat Jun 07, 2008 2:09 pm

Paru2? Apa ada indikasi herpes ky kucingnya Bleu kmrn yah...jadi bingung gw. Apa sesak napas juga kucingnya?
User avatar
Dee
Moderator
 
Posts: 4748
Joined: Wed Jul 04, 2007 12:00 am

Postby ririn » Sat Jun 07, 2008 9:44 pm

kondisinya sehat banget, aktif, makan banyak, gak ada tanda2 sesak napas, gak bersin2, cuman matanya aja yg memprihatinkan sekali persis gambarnya seperti yg ditampilkan kunamon
kira2 sakit apa ya? apa ada kemungkinan sembuh?
malem ini kondisi matanya mulai buruk lg kayak kemaren padahal td pagi kayaknya udah ada kemajuan meski cuman 10%
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby kunamon » Sun Jun 08, 2008 6:03 am

Gambar tersebut adalah gambar mata anjing yang terkena penyakit yang disebut dengan cherry eye, yaitu semacam membengkak dan keluarnya lapisan dalam selaput mata yang sering disebut dengan third eyelid. Kalau benar itu kemungkinan jalan satu satunya adalah dengan operasi.

Tapi ada juga kemungkinan karena conjunctivitis biasa karena alergi, infeksi atau masuknya benda asing dalam mata yang tidak segera dibersihkan/diobati. Ciri2nya, matanya berair terus, merah dan bengkak, mata tidak tahan terhadap cahaya, kadang disertai semacam ada selaput (kabut) di matanya.

Mungkin ada baiknya coba kontak dengan dokter mata yang baik hati, siapa tahu ada solusi. Kalau pemberian obat antibiotiknya sudah cukup lama sebaiknya dihentikan saja, sebagai gantinya bisa dicarikan semacam obat tetes (air mata buatan) untuk menjaga agar mata tidak kering. Sorry lupa namanya apa, tapi biasanya tersedia di optik untuk orang yang sering pakai contact lens.

Ini ada artikel sedih tentang seekor kitten yang mengalami sakit mata sampai harus diangkat matanya. Tapi dia tetap ceria meski harus hidup dengan satu mata.

http://www.pandecats.com/x/pepper.shtml

Sekali lagi kasus kucingmu sebaiknya didiskusikan dengan ahlinya, kalau ga ada drh ya dr manusia.. pokoknya diupayakan semaksimal mungkin. Semoga cepat sembuh ya?
User avatar
kunamon
Moderator
 
Posts: 1206
Joined: Fri Jul 06, 2007 12:00 am
Location: Paris - France

Postby ririn » Mon Jun 09, 2008 9:36 am

kunamon, hari ini saya nangis lagi, sekarang cleo udah gak mau makan, muntah, diare, saya sudah putus asa, gak tega banget,saya skrg mau ke rumah sakit hewan di surabaya. gak tau nantinya gimana, ntar saya kabari lagi ya. doakan sembuh ya...
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby ririn » Tue Jun 10, 2008 10:10 am

kemaren cleo udah mulai opname di rumah sakit hewan surabaya

kata dokter disana resep obat yg dikasih dokter disini ada yg kontra indikasi yg menyebabkan mata cleo makin parah
DEE, mungkin bener kata kamu kalo cendo sitrol yg bahaya.
kata mereka mata cleo udah gak bisa sembuh sekarang mereka berusaha bunuh kuman di mata cleo setidak-tidaknya meski buta tapi cleo masih bisa punya bola mata
tapi kalo udah membusuk terpaksa jalan satu-satunya harus operasi pengangkatan bola mata
bagi saya gak masalah, cleo buta atau bahkan gak punya bola mata, saya akan tetep sayang yg penting cleo tetep hidup

buat kunamon,dee dan pungkas yang sudah kasih advice, doa dan semangat, thannks yah, sangat berarti sekali buat saya
dan tolong doakan sekali lagi agar cleo cepet pulang dan harapan saya pulang dalam keadan hidup meski dengan satu mata
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby ivanD » Tue Jun 10, 2008 1:53 pm

Duh jadi sedih bacanya.......javascript:emoticon(':cry:')
Crying or Very sad
gmn sekarang kondisi CLEO.nya?
ya kita berdoa yang terbaik buat CLEO.mu ya, kamu tetep harus semangat biarpun CLEO ntar cm satu mata yang berfungsi......

semangat...semangat...
kita semua ikut mendoakan kesembuhan CLEO yah....
User avatar
ivanD
Newbie
Newbie
 
Posts: 37
Joined: Fri May 30, 2008 12:00 am

Postby ririn » Tue Jun 10, 2008 4:30 pm

barusan saya dpt telp, ternyata cleo udah meninggal gak tertolong lagi
saya sedih sekali, saya gak percaya, kayaknya baru kemaren masih liat cleo, rasanya saya gak sanggup kalo inget cleo, saya sayang banget.......

kunamon, dee, pungkas, ivan, thanks doanya meski akhirnya cleo udah meninggal
User avatar
ririn
Newbie
Newbie
 
Posts: 24
Joined: Sat Apr 26, 2008 12:00 am

Postby Tirtham_Cattery » Tue Jun 10, 2008 9:17 pm

ririn wrote:barusan saya dpt telp, ternyata cleo udah meninggal gak tertolong lagi
saya sedih sekali, saya gak percaya, kayaknya baru kemaren masih liat cleo, rasanya saya gak sanggup kalo inget cleo, saya sayang banget.......

kunamon, dee, pungkas, ivan, thanks doanya meski akhirnya cleo udah meninggal


duh..... :cry: saya sedih banget bacanya... dan mohon maaf sekali saya baru liat thread ini... sekarang saya hanya bisa berdoa semoga Cleo dapat tenang disana.................... :cry: :cry:

Tabah dan tetap kuat ya ririn...... :cry: :cry:
User avatar
Tirtham_Cattery
Newbie
Newbie
 
Posts: 702
Joined: Sat Mar 08, 2008 12:00 am
Location: LIPPO CIKARANG - BEKASI

Next

Return to Penyakit Kucing

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests