Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu rontok

Diskusi tentang semua penyakit kucing & pengobatannya

Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu rontok

Postby icha1212 » Thu Dec 28, 2017 5:43 pm

Baru pertamakali posting di sini, mohon bantuannya ya. Aku punya kucing domestik betina, umur sekitar 1 tahun lebih, itu pun aku pungut di depan rumah jadi kurang tau umur aslinya berapa. Dari kecil tuh bulunya bagus banget, jarang sakit. Belum pernah divaksin apapun dan steril karena kebentur biaya (lagi pengeluaran banyak buat kuliah). Kucingku ini di rumah aja, kalau pagi dan sore keluar buat berjemur dan sekedar nyari angin aja, jarang berinteraksi sama kucing liar lain. Awalnya kucingku ini gatal karena banyak kutunya. Udah aku mandiin tapi waktu itu belum pakai sabun khusus kutu. Aku kaget banget waktu lihat ada luka kecil seperti gigitan nyamuk (titik warna merah) di lehernya, melingkar, dan bulunya pitak gitu. Aku bingung harus diapain. Akhirnya aku beliin shampoo kutu dan sukses kutunya banyak mati tapi lingkaran luka itu masih ada. Aku bingung itu tungau, kutu, atau jamur, atau luka krn apa :( dan bodohnya... Aku kasih salep buat jamur :( dan lukanya tambah merah, melebar pitak bulunya.... Sumpah aku merasa bersalah dan nangis. Baru pertamakali sprti ini. Akhirnya aku basuh pakai air, aku diemin, pas kering aku pakein betadine. Pertanyaanku, kira2 kucingku itu awal penyebab lukanya kenapa ya? Dan tolong kasih saran, krn keteledoranku, kucingku jadi salah aku kasih obat :'( boleh gak ya pakai betadine? Sering browsing juga katanya vco bagus buat kucing dioles? Sedih bgt... Aku mau bawa ke dktr hewan tp lg gak ada duit. Please siapapun yg baca tolong bantu dong.. :'(
icha1212
Newbie
Newbie
 
Posts: 4
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:28 pm

Re: Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu ron

Postby t3ru_neko » Fri Dec 29, 2017 10:43 am

Kalau dari cerita kamu kok sepertinya memang jamur ya? Soalnya jamur bikin bulu rontok alias botak. Luka mungkin karena di garuk si kucing. Btw Ada keraknya gak kayak scabies? Vco boleh kok di oles n di minum, kalau Saya dulu waktu jamuran di kasih Obat dari dokter Dan di suntik. 2 minggu sembuh terus 6 bulan kumat lagi ternyata aku obati sendiri gak kedokter juga sembuh kok.

Waktu itu aku akhirnya tahu penyebabnya kandangnya lembab. Kurang dapat cahaya Dan sirkulasi karena di taruh di garasi dekat tempat cuci pakaian. Setelah tiap malam gak aku kandang, terus pagi di jemur Dan kasih obat oles sembuh kok. Sekitar yang botak jamur itu aku botak Sekalian terus Tak kasih kapas di celup air hangat di peras terus di lap ke bagian jamur. Habis itu di oles alkohol terus obat jamur. Terus tangan si kucing di jaga dulu karena sering nya di garuk kalau punya collar bisa di gunakan. Semoga membantu
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 163
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim

Re: Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu ron

Postby icha1212 » Fri Dec 29, 2017 10:57 am

Oh gitu ya. Memang sih kandangnya aku taruh di garasi, persis bgt kyk kandang kucingmu. Aku rajin bersihin sih kandangnya pake desinfektan tp ttp aja ya kalo lembab jd masalah :( makasih ya sarannya. Cuma kadang kalo aku biarin keliaran di ruangan rumah, dia selalu naik-naik ke atas lemari yg gampang berdebu (aku was-was banget kalo lukanya kenapa2).

Kalau kerak sih gak ada, cuma masalahnya kutu aja. Aku gak tau awalnya dia luka itu karena digigit serangga (kutu/tungau) atau memang krn jamur :( tambah parah lukanya jadi merah karena aku salah kasih obat jamur (obatnya terlampau keras dan aku kurang teliti dan asal beli aja). Aku lagi obatin pakai betadine sih biar kalau ada luka, dia kering dulu. Nanti aku coba kasih vco dan minumin minyak ikan smg aja cocok dan membaik :D makasih banyak ya sarannya! :D
icha1212
Newbie
Newbie
 
Posts: 4
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:28 pm

Re: Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu ron

Postby t3ru_neko » Fri Dec 29, 2017 11:07 am

Oke sama sama semoga
segera sembuh anak bulu nya :D
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 163
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim

Re: Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu ron

Postby icha1212 » Fri Dec 29, 2017 12:03 pm

Oh ya ada yg lupa aku tanyain, kucingmu ttp dimandiin kan waktu sakit? Soalnya kucingku lagi banyak kutu, kalo gak mandi justru makin gatel dia. Sebaiknya ttp pakai shampoo bwt ngilangin kutu atau shampoo biasa aja ya? Soalnya takut agak keras shampoo kutunya klo kena bagian yang luka.
icha1212
Newbie
Newbie
 
Posts: 4
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:28 pm

Re: Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu ron

Postby t3ru_neko » Fri Dec 29, 2017 9:23 pm

icha1212 wrote:Oh ya ada yg lupa aku tanyain, kucingmu ttp dimandiin kan waktu sakit?.


Tetap Tak mandikan pkk air hangat, habis Mandi Saya keringkan sampek bener bener kering ring ring kering pakek hairdryer. Karena gak punya alat buat ngeringkan hewan biar cepat kering aku pakek hairdryer plus kipas angin. Kalau basah atau lembab alias kurang kering bisa picu jamur.
.
Makanya aku gundulin Sekalian yang kenak jamur atau Luka biar pas di mandikan gak USAh kenak sabun. Emang si gundul jelek tapi Sekalian biar obat salep nya bisa meresap sempurna di kulit tidak terhalang bulu. Biar lebih cepat sembuh. Abis itu Kan bulu tumbuh lagi.

Kucing ku Mandi 2 minggu sekali. Kasihan juga kalau keseringan dia stress soalnya tidak begitu suka air. Hehehe
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 163
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim

Tolong.. Ada kucing liar tidak bisa melahirkan

Postby julianajuli » Sat Jan 06, 2018 2:41 am

Mohon maaf... saya ikut tanya. malem td lihat kucing liar yg mau melahirkan. kondisinya sangat memprihatinkan. nafasnya pendek2. mau bawa ke dokter hewan terkendala biaya. apakah ada pertolongan pertama yang bisa di lakukan???
sementara kucing saya tempatkan di kardus yg di alasin kain. kasih air minum dan dry food.
julianajuli
Newbie
Newbie
 
Posts: 2
Joined: Sat Jan 06, 2018 2:29 am

Re: Tolong banget!! Luka seperti gigitan nyamuk dan bulu ron

Postby icha1212 » Sat Jan 06, 2018 4:13 am

Kucing liar ya? Dia baru pertamakali lahir atau gak? Biasanya sih dia bakalan lahiran sendiri. Aku kurang pengalaman sih sama kucing melahirkan :( mungkin kamu bisa tanya di room lain di forum ini tentang kucing melahirkan.
icha1212
Newbie
Newbie
 
Posts: 4
Joined: Thu Dec 28, 2017 5:28 pm

Re: Tolong.. Ada kucing liar tidak bisa melahirkan

Postby t3ru_neko » Wed Jan 10, 2018 11:33 am

julianajuli wrote:Mohon maaf... saya ikut tanya. malem td lihat kucing liar yg mau melahirkan. kondisinya sangat memprihatinkan. nafasnya pendek2. mau bawa ke dokter hewan terkendala biaya. apakah ada pertolongan pertama yang bisa di lakukan???
sementara kucing saya tempatkan di kardus yg di alasin kain. kasih air minum dan dry food.


Gimana udah lahir kah? Udah gitu aja apa apa Kita tidak bisa Bantu proses kelahiran. Yang perlu di pantau kalau lama banget tidak lahir lahir sampek udah keluar darah atau air warna hijau gak lahir lahir. Atau air keruban pecah tapi ber jam jam gak lahir lahir. Itu baru mesti di kasih tindakan. Bisa jadi mati di Dalam or bayi nya kegedean yg harus oprasi oleh vet. Di luar itu Kita Bantu doa saja. Room brending di sebelah ya sobat..
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 163
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim


Return to Penyakit Kucing

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests