Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/busa

Diskusi tentang semua penyakit kucing & pengobatannya

Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/busa

Postby Ajeng-malang » Fri Oct 26, 2012 8:31 pm

Saya mohon, kalo ada yang baca, tolong bantu masukan...
Kucing saya yang kucing lokal, 4kucing(1induk,3 anak umur 4blnan), tidak pernah vaksin sebelumnya) dari kemarin induk dan 1 anak nya muntah2.. Awal nya dua2 nya cair warna kuning agak sedikit kental seperti ludah. Lalu nafsu makan&minum nya berkurang, bahkan anaknya tidak mau makan-minum dan muntah nya jadi ludah berbuih warna putih. Mereka dehidrasi ,terutama 1 anaknya tadi..tadi siang saya bawa ke dokter, lalu anaknya di suntik infus dan vitamin. Beberapa saat kemudian di meja periksa, dia meninggal.. Lalu induk nya di suntik air infus, vitamin warna merah dan di infus.. Di beri resep racikan biothicol,metampiron,heptasan dalam kapsul. Lalu saya pulang. Sampai rumah jam 3sore. Lalu saya cari tempat dan menguburkan anaknya (gendhis) yang meninggal tadi.. Kmudian muter2 cari apotik yang bisa ngracikin. Jam 1/2 6 saya masukin tuh obat ke mulut induk nya(bagong). Sebelum nya saya kasi obat tadi, dia sempet muntah lagi warna kuning bening kental agak berbuih. Tadi, jam setengah 8 malam, bagong muntah lagi.. Warna nya ijo seperti warna kapsul..sampe sekarang dia g mau makan-minum sama sekali. Dan barusan (20.20) muntah ijo lagi. Sempet meong sebentar kaya laporan g enak badan.. Kasian.. Tolong.. Siapapun.. Kucing saya kenapa :' sakit apa.. :' ini salah satu anak nya (AO) barusan tadi sore jam 6an ikutan muntah kuning cair kental juga.. Ini kucing2 saya kenapa??!! Tolong saya mohon bantuan info dan solusi nya.. (resep bagong, 2x sehari @1 kapsul. Dapat 10 kapsul). Tolooooooongggg.... Siapapuuuuunnn.. Semua dokter yang saya kenal g bisa di hubungi :'
Ajeng-malang
Newbie
Newbie
 
Posts: 2
Joined: Fri Oct 26, 2012 10:14 am

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby april » Sat Oct 27, 2012 2:39 am

muntah kuning berbusa itu biasanya dsebabkan oleh bakteri atau virus.. klo dilihat dr obat yg dikasi (biothicol antibiotik.. 2 yg lainnya antipiretik, antihistamine, analgesik buat penurun demam, alergi dan penghilang rasa sakit) kemungkinan drh lebih ke salmonellosis. kalo salmonellosis yg dsebabkan bakteri salmonella kemungkinan akan membaik setelah dkasi antibiotik..

tapi takutnya, penyebabnya adalah panleukopenia atau sering disebut distemper. karena virus, maka antibiotik tidak mempan jadi hanya bs perawatan suportif seperti infus saja. cara membedakan salmonellosis dengan fpv biasanya tes fecal (pup kucing) klo salmonella pasti bakterina bs ditemukan dlm pup. apakah kucing kamu sudah divaksin? klo sudah kemungkinan besar salmonellosis (krn salah satu yg kena kucing dewasa kl sdh vaksin kemungkinan g kena distemper).. tp klo belum, ada kemungkinan distemper.

apapun penyebabnya, saran aq lanjutin kasi makan obat drh.. dan pastiin kucing km makan dan minum. kalau muntah terlalu parah minta dsuntik anti muntah aja.. jgn sampe kucing kamu dehidrasi. cb tarik ke atas kulit tengkuknya kalau lgsg kembali g dehidrasi, klo baliknya lama dehidrasi dan kucingmu hrs dpt cairan, infus kalo perlu. kucing jg ga boleh g makan lebih dr 24 jam.. minimal kasi nutriplus gel yg bs dibeli d pet shop.

good luck ya smoga kucingmu sembuh :) aq doain sebabnya bkn krn distemper
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby april » Sat Oct 27, 2012 2:52 am

ps: g ada salahnya kasih suplemen lysine murni untuk membantu penyembuhan kucingmu, klo ada yg jual (d petshop atau apotik). lysine menghambat replikasi virus jd klo krn distemper mencegah hd tambah parah. klo bkn krn distemper jg gpp dikasih.
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby nenows » Sat Oct 27, 2012 6:07 am

idealnya infus langsung di tangan/kaki (pembuluh daraH) kl di bawah kulit aja (subkutan) ga cukup... apa lagi terus2an muntah...yang terbaik adalah rawat inap :)...kl kena distemper/panleukopenia biasanya yg slamat 20-25% (kl rawat inap)
nenows
Moderator
 
Posts: 694
Joined: Wed Mar 29, 2006 12:00 am

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby Ajeng-malang » Sat Oct 27, 2012 11:12 am

@april & @nenows.. Ni td ke dokter lain lagi.. 2nd opinion keracunan.. Dia g pup dan pipis sama sekali 2 hr ini.. Dan kata dokter yg ke 2, badan nya gak terlalu panas (37.4 derajat) muntah nya sekarang ludah berbusa.. Binguuuuung :' .. Kata dokter yg 1 virus.. Yg k2 keracunan.. Kucing2 yang lain yg di rumah gpp si kondisi nya.. Soalnya kemaren dulu mama pernah bersiin kandang nya pus2 yg sekarang sakit ( 1 kandang ada 3 pus bersaudara) .. Pake wipol di encerin di kucurin ke lantai kandang baru di lap dg posisi pus2 masi di kandang.. Saya kuwatir nya kena kaki mereka trus mereka jilatin.. Akirnya, dari 3 kitten tadi, kemaren meninggal 1 (gendhis) .. Sekarang yg 1 lagi (AO) di opname bareng induk nya karena sempet muntah 1x .. Sedangkan yang 1 lagi (momo) , lincah2 aja di rumah... Pendapat dokter nya beda2.. Bingung .. :'
Ajeng-malang
Newbie
Newbie
 
Posts: 2
Joined: Fri Oct 26, 2012 10:14 am

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby april » Sat Oct 27, 2012 12:06 pm

hihi sbnrnya si krn mungkin sis g menyebutkan adanya kontak dengan wipol itu sm drh yg pertama, jd asumsinya krn penyakitnya terjadi serentak lebih diasumsikan virus atau bakteri penyebabnya.

wipol itu beracun buat kucing. wipol mengandung phenol atau nama lainnya carbolic acid, wipol bs diserap melalui kulit jd buat kucing jgn pk disinfektan yg mengandung phenol, ciri2nya keruh klo dcampur air.. cnth lainnya dettol.. jgn pernah pake bwt kucing krn beracun bwt kucing. gejala keracunan muntah2,lemas, ngos2an, sempoyongan, sakit perut, dll.

penanganannya cuci bagian yg kena dengan air, kemudian kasi norit buat diminum.. kalo racun cmn bs nunggu dy dikeluarin oleh tubuh dan dikontrol, klo lemah diinfus dan rawat inap aja.

disinfektan pk yg khusus dr petshop atau pemutih (bleach) jg bs ;)
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby april » Sat Oct 27, 2012 12:11 pm

artikel terkait pengaruh phenol terhadap kucing
m.voices.yahoo.com/how-recognize-phenol-poisoning-dog-cat-4122441.html

www.peteducation.com/article.cfm?c=2+1677&aid=2243

selain phenol, ternyata wipol mengandung pine oil (sejenis essential oil) sebanyak 2,5%.. dy jg menyebabkan muntah2 dan gangguan pernapasan pd kucing.. penanganannya sama seperti phenol.

ttg pine oil:
www.peteducation.com/article.cfm?c=2+1677&aid=2251

pemutih dan disinfektan lainnya sebaiknya dcampur sesuai petunjuk d kemasan.. dan tunggu kering dl br kucing boleh jalan2 d atas permukaan yh dbersihkan. pemutih cukup aman krn sifatnya terurai oleh cahaya.. jd sulit keracunan krn pemutih
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby Hugo » Mon Sep 09, 2013 3:50 pm

sama nih kucing saya juga kena penyakit ini seminggu lalu. bahkan 2 kitten temen maennya juga udah meninggal.
awalnya sih karena ama saya ditinggal 3 minggu dan dititipin ke tetangga yg anaknya suka bgt maen sama kucing saya. tau2 pas di balikin udah lemes gak mau makan. apalagi dengan cerita muntah kuning berbusa, so sy simpulin kalo nih kucing keracunan.
karena gak sempet bawa ke dokter (hari kerja), jadinya saya rawat sendiri sepulang kerja.
walaupun kadang ngurusin kucing bikin kerjaan laennya numpuk.

2 hari pertama saya cekokin air kelapa, saya kasih (disuntikin ke mulutnya) sekitar 5 crot ke dalam mulutnya.
setelah mulai jalan2 lagi, gak molor/mojok mulu, saya cekokin susu bear brand lagi2 pake suntikan sekitar 2 hari. weekend udah mulai ngeong2 minta makan.
User avatar
Hugo
Newbie
Newbie
 
Posts: 27
Joined: Sun May 06, 2012 8:03 am
Location: Bandung

Re: Tolooongg!! Kucing muntah2 cair warna kuning berbuih/bus

Postby vix2323 » Tue Sep 10, 2013 3:21 am

untuk panle munurut saya kucing harus dikasih makan gimanapun caranya,,,,untuk obat2 an yg penting gak ada parasetamolnya,,, karena bisa menyebabkan pembengkakan hati/kerusakan hati sehingga pupnya menjadi bermasalah,,,,,

yg terpenting kasih makan gimana pun caranya,,, usahakan kasih minum air kelapa ato VCO biar tenggorokan kucing tidak kering untuk mencegah dehidrasi.....

panle msh blm ada obatnya,,, tergantung dari kekuatan kucing itu sendiri,,, konsep penyakit seperti DBD ---> parah kemudian membaik dan kemudian langsung down,,,,klo sudah lewat ini kemungkinan leokosit kucing akan meningkat kembali,,,, yg lumayan biasanya leokosit 700 an yg kebanyakan bisa melewati masa2 kritis ini,,,

yg terpenting kasih makanan,,, SUPPORT,,, diawasi sendiri jgn mengharapkan DrH atau perawat dll,,, usahakan anda yg selalu ada di samping empusss....

kebanyakan penyakit ini menyebabkan kematian dengan cara dehidrasi karena muntah terus,,, jadi untuk menggantikannya,,, kita harus me rehidrasi kondisi kucing,,, air kelapa bagus untuk menggantikan cairan tubuh yg hilang,,, selain itu VCO juga bagus untuk membunuh bakteri dan virus (Menetralkan racun).... saya rasa klo inpus aja msh kurang,,, harus ada untuk membasahi tenggorokan si kucing.

mungkin cuma ini dari saya,,,, maaf klo tulisannya amburaduul.... semoga kucingnnya cepat sembuh...
User avatar
vix2323
Newbie
Newbie
 
Posts: 21
Joined: Mon Mar 04, 2013 1:43 am


Return to Penyakit Kucing

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests