Hernia pada Kucing...

Diskusi tentang semua penyakit kucing & pengobatannya

Hernia pada Kucing...

Postby cocomeo » Fri Feb 22, 2008 11:47 am

Dearest All, :D
tulung dunk...mau tanya...tanda2 kucing hernia gimana yah ???
tadi sih udah coba2 cari di "artikel" penyakit kucing...
belum nemu...apa emang mataku yang keplisut.... 8O
tks a lot... :lol:
User avatar
cocomeo
Newbie
Newbie
 
Posts: 872
Joined: Wed Nov 28, 2007 12:00 am

Postby ariel » Fri Feb 22, 2008 12:08 pm

hummm ini dia sampeyan punya problem sama ma aku
si jill kena hernia, aku raba ada benjolan di rusuk paling bawah, kadang empuk kadan ada benjolan keras (ternyata fesesnya)

aku bw ke vet, dia kena hernia di pencernaan jadi ususnya yang keluar dari jaringan (hummm jaringan apa aku lupa nanya)
mo di oprasi riskan, katane vet letak hernia persis di dekat membran yang membatasi rongga pernafasan dan rongga perut. takutnya membran tergores ato bocor bisa mengakibatkan kematian, ya wis ngga ta oprasi deh ngga siap mental nya :cry:

ada teman yang lain yang bisa jelasin lagi??
ini gw dah mentok ma vet senior di semarang.
User avatar
ariel
Moderator
 
Posts: 1687
Joined: Tue Apr 17, 2007 12:00 am

Postby Dee » Fri Feb 22, 2008 1:01 pm

Hernia bs disebabkan oleh trauma misalnya krn jatuh, ketabrak mobil dll, bisa juga karena genetik (keturunan)

Hernia yg terjadi krn trauma disebabkan robekan pada otot diapraghma (otot yg memisahkan rongga dada & paru2 dg hati dan organ perut yg lain), disini organ2 perut masuk ke rongga dada lewat robekan tsb & menekan paru2.
Hernia krn genetis disebabkan kitten terlahir dg otot diapraghma yg tidak lengkap, hal ini menyebabkan ada bukaan pada otot diapraghma.

Gejala hernia krn trauma dpt segera terjadi setelah trauma atau bbrp minggu setelahnya. Gejala hernia krn genetis terjadi segera setelah lahir atau bbrp tahun kemudian. Gejala yg paling umum adalah kesulitan bernapas, gejala ini bervariasi dr yg tidak kelihatan sampai yg sangat parah. Pada bbrp kasus mulut, gusi dan lidah kelihatan biru. Gangguan pencernaan spt muntah & mogok makan bs juga menjadi gejala hernia.

Resiko yg dihadapi : Hernia yg ringan tdk menjadi masalah & kucing dapat hidup normal. Kucing dg hernia berat akan dengan cepat menunjukkan gejala2 diatas & berakibat kematian klo tidak ditangani dg cepat.

Penanganan : Segera dibawa ke Drh untuk memastikan gejala2nya. Biasanya diagnosa cepat dpt menggunakan X ray (rontgen). Kalau didiagnosa hernia, satu2nya tindakan adalah operasi koreksi & dilaksanakan segera setelah kondisi kucing stabil

Sumber : pet education.com

Silahkan ditambahin klo kurang lengkap prends...kalo2 terjemahannya ada yg salah salah tlng dikoreksi. Tx.
User avatar
Dee
Moderator
 
Posts: 4748
Joined: Wed Jul 04, 2007 12:00 am

Postby cocomeo » Fri Feb 22, 2008 2:51 pm

@ariel
kucingku enggak hernia sih mbak ariel...mudah2an enggak..
cuma dapet kabar dari temen kalo kucing bisa hernia gara2
kecelakaan...(seperti kata mbak dee)
berhubung waktu pertama kali nemu coco (waktu masih kitten
ditabrak mobil di depan rumah - bagian perut ke bawah sampe kakinya hiks...)
ada benjolan yah...ntar aku coba raba2 deh
bisa lembek bisa keras...hm..mudah2an coco enggak papa...
tapi ntar sekalian mo vaksin buat taon ini...general check up ah...

@dee
makasih banyak banget buat informasinya
User avatar
cocomeo
Newbie
Newbie
 
Posts: 872
Joined: Wed Nov 28, 2007 12:00 am

Postby ariel » Fri Feb 22, 2008 3:38 pm

wadoh.... piye ki?? aku mo oprasi tapi vetnya bilang bahaya, mo ngga oprasi kok tulisan dee bilang bisa mati juga??/

@neno
piye neh??? ada penjelasan lebih lanjut?
User avatar
ariel
Moderator
 
Posts: 1687
Joined: Tue Apr 17, 2007 12:00 am

Postby Dee » Sat Feb 23, 2008 7:58 am

Klo yg gw tangkep dr artikelnya mestinya yg hrs cepet ditindak lanjuti adl hernia yg masuk kategori berat/parah & menunjukkan gejala2 spt diatas. Klo kucing msh normal2 aja mestinya gpp. Gw ikut tunggu pencerahan ahhh...mbak Ariel, geser dikit duduknya..penuh nih bangkunya, hihihi..
User avatar
Dee
Moderator
 
Posts: 4748
Joined: Wed Jul 04, 2007 12:00 am

Postby ariel » Sat Feb 23, 2008 8:16 am

**geser .... dikit...... geser..... dikit..... kasi tempat buat dee**
duduk manis tunggu ada lanjutan lagi
User avatar
ariel
Moderator
 
Posts: 1687
Joined: Tue Apr 17, 2007 12:00 am

Postby cocomeo » Mon Feb 25, 2008 9:26 am

ikutan donk duduknya...ada yang bawa snack :lol: ???
pak gurunya mana yah ???

so far coco baik2 aja...kemaren pas mandiin
aku raba2 bagian bawah perutnya...
(alhamdu lillah enggak ada benjolan, yang ada lemak semua...ha ha...)
User avatar
cocomeo
Newbie
Newbie
 
Posts: 872
Joined: Wed Nov 28, 2007 12:00 am

Re: Hernia pada Kucing...

Postby tomjolieamon » Sun Jun 12, 2016 10:44 pm

Apa hernia bisa sebabkan sembelit ya?

Saya nemu kitten di bokongnya ada pupnya nyangkut keras trus udah dibersihin, eh besoknya pas dia mengejan bukan pupnya keluar tapi ada cairan keluar dari perutnya (daerah selangkangan dibawah lubang pipis) warna hijau. Apa itu karna hernia?

Saya juga daerah semarang ini @ariel mau ajak kittennya ke vet tapi belum ada biaya lagi karna kemarin habis rawat inap kitten lain yang malnutrisi.
tomjolieamon
Newbie
Newbie
 
Posts: 11
Joined: Fri Jun 10, 2016 7:53 am

Sharing..

Postby Hanisahmuttakin » Tue Jul 04, 2017 2:24 pm

Hallo, mau sharing nih. Aku nemu kucing dpn rumah beberapa hari lalu, umur 1,5 bulan, dibagian sebelah kiri antara perut dgn lipatan kaki belakangnya ada benjolan gitu, cuma sebelah kiri aja. Saya pegang tekan gitu dia gak kesakitan, seperti gaj ada apa apa, so far gak ada yg berubah dari perilakunya, tetap makan lahap, lincah, padahal ada benjolan besar gitu di tubuhnya. Saya bingung.. Ini hernia apa gimana, mohon solusinya ya.. Terimakasih.. :no-sad
Hanisahmuttakin
Newbie
Newbie
 
Posts: 2
Joined: Tue Jul 04, 2017 2:10 pm

Sharing..

Postby Hanisahmuttakin » Tue Jul 04, 2017 2:24 pm

Hallo, mau sharing nih. Aku nemu kucing dpn rumah beberapa hari lalu, umur 1,5 bulan, dibagian sebelah kiri antara perut dgn lipatan kaki belakangnya ada benjolan gitu, cuma sebelah kiri aja. Saya pegang tekan gitu dia gak kesakitan, seperti gaj ada apa apa, so far gak ada yg berubah dari perilakunya, tetap makan lahap, lincah, padahal ada benjolan besar gitu di tubuhnya. Saya bingung.. Ini hernia apa gimana, mohon solusinya ya.. Terimakasih.. :no-sad
Hanisahmuttakin
Newbie
Newbie
 
Posts: 2
Joined: Tue Jul 04, 2017 2:10 pm


Return to Penyakit Kucing

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests