Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Diskusi tentang semua penyakit kucing & pengobatannya

Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby Reindeer » Tue Nov 09, 2010 12:21 pm

Saya punya 2 anak kucing berumur sekitar 4 bulanan. Ini pertama kali saya piara kucing karena induknya (kucing liar) mati di halaman rumah gak tahu kenapa, dan anaknya ada di gudang. Waktu itu ukurannya masih lebih kecil dari telapak tangan saya, jadi saya dan istri saya piara sampai sekarang.

Semua berjalan lancar sampai pada satu saat kucing kita kok jadi malas2an, karena gak tahu kenapa, jadi kita biarin aja... trus lama kelamaan kok perutnya membesar.... langsung saya cari di internet --> kucing cacingan: merupakan kesimpulan saya dari data2 di internet... --> jadi saya kasih drontal 1/4 karena kucing kita beratnya kira2 1 kg.

Masalah tidak berhenti sampai disini, setelah dikasih drontal, kucing gak bisa pup sampai perutnya membesar, besar sekali, sampai-sampai satu anak kucing kita kakinya terkilir mungkin keseleo karena kebesaran perutnya....

Lalu saya konsultasi dengan satu-satunya dokter hewan di Pangkalpinang. Dan diberilah microlax.... tidak mempan, lalu diberi dulcolax... tidak mempan juga...sampai dokternya sudah menyerah.... dia bilang kalo dipanggil Tuhan, dia minta ijin untuk liat perutnya, untuk analisa demi kebaikan kucing2 lain di masa depan....

Saya cari di internet lagi dan baca kalau combantrin dapat menghancurkan cacing2 yang sudah mati, jadi dalam rentang waktu yang baru 1 minggu dari tanggal pemberian drontal, saya memberanikan diri untuk memberikan combantrin, karena khawatir drontal yang saya berikan menyebabkan penyumbatan cacing2 mati di usus kucing kita ini. (Cacing2 yang mati karena drontal menyumbat di usus kucing --> kata dokternya mungkin karena penyumbatan mayat cacing). Saya berikan kemarin malam dengan dosis kira2 0.4 ml (combantrin sirup rasa jeruk), karena berat kucing saya kira2 1 kg.

Saya benar2 tidak tahu mengenai penyakit anak kucing. Sekarang, kita hanya kasih susu untuk kucing kita, untuk mengurangi efek perut membesar.

Kemarin malam salah satu kucing kita (Totti namanya) sudah bisa pup sedikit sekali (kurang lebih 1 cm) dan berupa lendir. Tapi pagi ini sampai siang belum bisa pup lagi padahal sudah sering bergaya mau pup....

Saya penggemar anjing dan tidak pernah terpikir untuk piara kucing, tapi setelah piara kucing (by accident) kurang lebih 4 bulanan, ternyata kucing memiliki daya tarik tersendiri dan benar2 membawa kebahagiaan bagi tuannya.... saya sudah sayang banget ma kucing2 ini.... please help mohon pertolongan.....
Reindeer
Newbie
Newbie
 
Posts: 3
Joined: Tue Nov 09, 2010 11:48 am

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby april » Tue Nov 09, 2010 1:13 pm

saran saya cobalah cari vet lain, karena teknik pengeluaran feses selain laxatif membutuhkan keahlian dokter hewan (enema dan operasi)
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby lovelywendy » Tue Nov 09, 2010 2:19 pm

@Reindeer
Ikut prihatin dgn kondisi kittennya. Kalau sudah dikasih pencahar tapi ga mempan juga, kemungkinan besar harus dibedah. Apakah vet disana pernah mempertimbangkan hal ini? Memang susah kl di kota kecil, apalgi kl vet cuman ada 1. Kalau vet disana ga bisa melakukan operasi, mungkin terpaksa harus ke kota terdekat yg lbh besar yg disana lbh banyak vetnya. Mudah2an Totti segera sembuh ya.
User avatar
lovelywendy
Newbie
Newbie
 
Posts: 282
Joined: Mon May 31, 2010 12:00 am

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby Reindeer » Wed Nov 10, 2010 10:05 am

@April and @Lovelywendy

Thanks ya atas saran2 nya.... saya sudah konsultasi dengan dokter hewan disini, karena disini belum ada fasilitas bedah, saya harus bawa Totti ke Jakarta atau Palembang.

Saya akan coba cari info dokter hewan di Palembang....

Highly appreciate your kind concern and advice.....
Reindeer
Newbie
Newbie
 
Posts: 3
Joined: Tue Nov 09, 2010 11:48 am

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby april » Wed Nov 10, 2010 12:55 pm

mudah2an cepet sembuh ya kucingnya :D
User avatar
april
Newbie
Newbie
 
Posts: 3596
Joined: Thu Jul 22, 2010 11:34 am
Location: Bekasi

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby Reindeer » Sat Nov 20, 2010 10:04 am

update kondisi kucingku....

karena kitten ku dalam kondisi sakit, akan ribet untuk mengurus masalah karantina hewan nya jika mau naik pesawat... karena itu rencana untuk berobat ke luar pulau di tunda...

saya sangat menghargai effort yang dilakukan oleh dokter hewan kita, dia mencari info kemana2 dan akhirnya menyarankan untuk memberikan Lactulax (Lactulosa) untuk kitten saya.

salah satu kittenku sudah lancar BAB nya setelah 2 hari diberikan Lactulax. Perutnya sudah mengecil dan BAB sudah lancar.... sudah mau makan normal dan sudah bermain2 seperti biasanya....

Tinggal yang satu lagi masih belum lancar BAB nya.... baru sepotong2 kecil dan masih keras...

Dosis yang diberikan kurang lebih 2.5 ml - 3 ml Lactulax (1 sendok teh). Pastikan semuanya masuk ke dalam mulut. Kalo ada yang tumpah, ya dikira2 aja ditambahkan lagi dosis yang tumpahnya.... :)

obat ini cocok untuk kitten saya yang sudah 4 minggu tidak bisa BAB.... mungkin sudah masuk kategori konstipasi kronis....

semoga pengalaman saya ini bisa membantu teman2 pencinta kucing yang mengalami masalah serupa....

peace, love and prosperity.... :D
Reindeer
Newbie
Newbie
 
Posts: 3
Joined: Tue Nov 09, 2010 11:48 am

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby Lindsay_Q » Sat Nov 20, 2010 10:17 am

Wah, selamat ya... akhirnya kucing2nya bisa melewati masa kritis... :D
User avatar
Lindsay_Q
Newbie
Newbie
 
Posts: 1788
Joined: Tue Oct 12, 2010 1:17 pm
Location: Karawaci, Tangerang

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby deasy_celine » Sat Nov 20, 2010 12:22 pm

@reinder
Kalo lactulax forum kk banyak sekali merekomendasikan obat ini.Kenapa gk baca2 forum jd tau obat apa yg sering di pake sehingga cepat di konsultasikan ma vet.
Pangkal pinang di mana ya?
Pekanbaru kah?
Kalo pekanbaru ke medan aja.Di sini ada vet surgeon.
Satu lagi obat yang sering di rekomendasikan laxadine..
Kalo dulcolax saya pernah pake untuk saya sendiri..Asli gak manjur tp perut melilit kyak diiris2,benar2 sy kapok pake dulcolax..Mending laxing deh..(ups koq curhat),Kalo mau express pake baju ketat ngecilin perut sya sering pake laxatif jd bnyk tau yg ampuh tuk manusia ya.Kalo tuk kucing pernah tau ada pemilik cattery di kota saya yg coba2 juga gak manjur. dulcolax untuk kucing gk kebayang skitnya perut kucing..
User avatar
deasy_celine
Newbie
Newbie
 
Posts: 701
Joined: Sat May 01, 2010 12:00 am
Location: medan

Re: Anak Kucing Perut Besar Gak bisa pup

Postby NekoPusa » Sat Aug 05, 2017 12:30 am

Alhamdulillah makasih ya infonya bermanfaat banget.
Awalnya kucing (mungkin sekitar 4bulanan) ini dateng ke rumah kayanya karena dibuang sama pemilik lama nya deh, waktu itu udah mau aku pelihara cuma tiba2 dia kabur.. eh hari besoknya tiba2 muncul lagi dengan perut yang gepeng dan kaki yang pincang. Entah apa yang terjadi pas dia kabur kemarin.
Akhirnya aku rawat sampe kemarin tiba2 bikin khawatir lagi belom hilang khawatir karena masalah perut dan kaki nya itu. Dia itu tipe kucing yg suka makan apa aja, tapi mungkin karena keadaan perutnya yang kaya habis terlindas gepeng gitu jadi ada masalah juga sama ususnya. Dia ternyata gabisa makan dryfood (karena dia suka bandel ngambil makanan kakak2nya yg udah gede2), kemarin 3hari yang lalu tiba2 dia ga bisa poop sampe kadang yang keluar cuma lendir, bingung harus gimana trus cari2 info eh ketemu info di sini kalau bisa coba pakai Lactulax, sebelumnya pernah baca ada yg bilang jangan pakai Dulcolax karena takutnya melilit kasian kucingnya.
Akhirnya nyoba kasih Lactulax dengan dosis 2ml dulu.. Alhamdulillah malam ini tiba2 nafsu makannya balik, pas ngecek litter box ternyata sudah keluar poopnya..

Terimakasih yaa sekali lagi..
Btw kucing ini kayanya turunan kucing ras deh.. lucu mukanya hahaha
NekoPusa
Newbie
Newbie
 
Posts: 1
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:18 am


Return to Penyakit Kucing

Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot] and 6 guests