mpus lokal T.O.P

Bebas ngobrol apa saja, tidak hanya seputar kucing

mpus lokal T.O.P

Postby t3ru_neko » Mon Feb 04, 2013 8:30 pm

maaf sebelumnya nie cuma pendapat pribadi saya saja, jadi tolong jangan tersinggung kalau da yang kurang berkenan.

sebenarnya saya lebih suka mpus lokal hanya saja pengalaman pelihara raion cuma bertahan 1 - 1,5 tahun setelah itu mpusnya gak pulang (kecantol kucing betina) padahl sudah di cari2 sampai mewek. nasip sama terjadi ketika harus berpisah dengan jibi dan tyan.
karena hal diatas saya memutuskan mengadopsi kucing ras, yang ternyata amat sangat membutuhkan ketelatenan. harga mpusnya gak seberapa bila di bandingkan dengan biaya perawatannya.


well menurut saya pribadi kalau buat teman bermain kucing lokal itu lebih banyak nilai plus - plusnya
bukanya mendiskriminasikan antara kucing ras dan lokal hanya saja kucing ras membutuhkan perlakuan khusus di sebabkan daya tahannya yang kurang dan kebutuhannya yg berbeda.

entah setuju atau tidak, tapi mpus lokal yang penting maem, mandi, dan vitamin/obat obatan ala kadarnya sudah cukup. habis mandi gak butuh hair dryer, gak perlu di sisir tiap hari, gak perlu di jaga/khawatir diambil orang kalau main keluar rumah.
lebih pintar dan aktif daya ingatnya pun lebih baik. kalau mau di kawinkan pun gak perlu rempong nyari pejantan atau betinanya.

dari segi makanan pun bisa di ajak mlarat. aku ngasihnya ikan pindang dan lele kukus campur nasi, kadang jagung atau tempe. kalau lagi bener kere bngt ikan asin jg doyan (buat ikan asin dan pindang habis di cuci di rendam dengan air panas agar garam nya sedikit berkurang baru di masak)

makan keringnya pun yang murah2 ja uni****al, mandi gak perlu shampo yg mahal pokokx shampo kucing, vitaminx juga yg murah2 ja.

2 kata, hemat n praktis,

nie foto raion (red tabby),

Image

pokoknya dirawat dengan baik aja mereka juga bisa kelihatan cantik . setuju?
User avatar
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 135
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim

Re: mpus lokal T.O.P

Postby mimimeonk » Mon Mar 04, 2013 10:15 am

ImageImage
User avatar
mimimeonk
Newbie
Newbie
 
Posts: 13
Joined: Thu Feb 21, 2013 5:18 pm

Re: mpus lokal T.O.P

Postby MamaPuci » Mon Mar 04, 2013 11:27 pm

Wah.. kalo saya malah gak peduli ras-nya apa, saya merawat dengan cara dan kualitas yang sama.
Krn kucing yg bener2 saya adopsi sebagai pet.. lalu tinggal satu atap/indoor dengan saya, sdh jadi bagian dari keluarga. Saya pengen mereka sehat.
Dan soal kesehatan, setiap kucing punya masalah kesehatannya masing2.. mulai dari yg ringan smp yg menahun.. ngak kampung atau ras.. sama aja.

Kalau soal kabur dari rumah... juga buat saya, ras apapun, termasuk kampung.. kalo sudah masuk masa birahi.. pasti akan mencari lawan jenisnya utk memuaskan insting kawinnya. Pada hewan, kawin itu insting. Karena itu saya memutuskan men-steril kucing saya seblum masuk masa dewasa/berahi. Mereka akan lebih homy... seneng dirumah.. nga punya alasan utk kelayapan.. ngak melolong lolong krn berahi dan ngak spraying..
Lagipula steril, terutama, pada kucing lokal akan menekan yang namanya over populasi, seperti yg saat ini sudah terjadi.

kucing ras jarang ditemukan berkeliaran, krn pemiliknya sadar (harganya lbh mahal) dan sayang kalo si kucing ras kabur, maka dijaga ga boleh keluar rumah.
Kucing lokal krn.. dapetnya ga usah pake beli, bisa memungut dimana aja, maka sering kali dibiarkan/lebih bebas/ga bener2 indoor.. shg tentu aja lebih mudah kabur.

sy ingat cerita salah seorang teman yg rescue binatang. Mrk pernah menemukan kucing persia idung pesek di gorong2 dalam keadaan cukup parah.. itu kucing keliatannya kabur dari rumah karena nyari psangan kawin.. cilakanya ga bisa survive di jalan. so yg ras bisa kabur juga.. sama aja.. sama2 kucing...
User avatar
MamaPuci
Newbie
Newbie
 
Posts: 77
Joined: Thu Feb 14, 2013 9:52 pm

Re: mpus lokal T.O.P

Postby NaughtyMonkey » Wed Mar 06, 2013 4:04 am

Salam kenal ya,

Aku cuma sekedar kasih tempat tidur & kasih makan kucing yg datang ke rumah aja.
Memang sih mereka ini rata-rata setelah beberapa lama pasti pergi dari rumah, yang paling lama stay di rumah cuma 4 tahun, sisanya berarti kurang dari itu udah pergi setelah melahirkan atau kabur karena ada jantan super rese yg mampir ke rumah dsb.
Soal mandi, aku gak pernah nyari tukang grooming, jadi serba mandiin sendiri pake shampoo anti kutu/normal utk short hair.
Setelah mandi cuma di lap handuk & dijemur berhubung begitu nyalain hair dryer yg ada malah mereka lompat ketakutan & nyakar.
Soal makanan, aku kasih dryfood merk umum itupun karena alasan aromanya yg disuka si kucing, pernah nyoba F******* atau P**P*** atau S***P** gak disukai mereka, plus ekstra wetfood kaleng dan kadang kasih ikan cuwe.
Kalo kasih merk yg kualitasnya lebih rendah lagi (misalnya U******** atau E***** yg ngaku holistic asal USA tapi gak terdaftar di AAFCO) dari yg skrg dipake mah gak tega, malah skrg ini baru aja ganti ke merk N****S***** Cat&Salmon.
Mereka juga kadang makan apapun yg biasanya aku makan kayak roti, keripik, tempe, tapi samasekali gak doyan udang/cumi dan ada 1 ekor kucing aneh yg ikutan makan durian dibatasi 2 biji setiap aku makan (jarang beli durian juga sih)

Meski dikasih makan & diurus begini begitu, mereka masih bebas keluar masuk rumah seperti halnya hidup mereka sebelum mampir ke rumah. Akibatnya penyakit gak jauh2 dari cacingan (kalau telat ngasih) dan kadang kutuan lagi meskipun udah dikasih obat cacing D****** dan obat kutu R********* secara rutin.
NaughtyMonkey
Newbie
Newbie
 
Posts: 27
Joined: Tue Mar 05, 2013 11:54 pm

Re: mpus lokal T.O.P

Postby t3ru_neko » Thu Mar 07, 2013 3:00 pm

dear mamapuci,

menghargai dan salut atas totalitas mamapuci, terimakasih untuk merawat dan tieak memandang beda antara mreka.

tapi rasa beda antara ketika kita memutuskan untuk bertanggung jawab atas kehidupan mpus kita alias kita memelihara dengan kesadaran dan keinginan.

tujuan dari posting adalah menghentikan dan menyadarkan para penggila, yg ingin punya mpus ras tapi tidak tau perawatannya dan tidak mau belajar. atau pun mengerti cara perawatannya tapi tidak mau kehilangan duit (pelit dan eman). atau memelihara dengan tujuan tidak beres (menjual atau kasarnya ternak)

bila ingin mengadopsi setidaknya di pikir ulang. kalau buat have fun atau pet tidak ada salahnya mengambil mpus local untuk di rawat. itung2 beramal. di sayang semampu dan sewajarnya taraf hidup mpus.

well jujur kalau makanan bwt mpus saya yg lama/raion emang makanannya dryfood yg murah dan mudah di dapat (sblumnya saya tdk tau nama dan tempat petshop) jadi untuk makananan kelas dry food n wet dapatnya di pasar burung dan swalayan yg jalas nya gak macem2 cuma wiska**, friska**, univer*al.
selain itu dikarenakan makanan utamanya adalah lele rebus/kukus. well setau saya dari googling kandungan lele sama dengan marakel/gembung. dan soal vitamin di tunjang dengan curcuma, susu sgm dan wet food setiap minggu. jadi saya anggap dryfood hanya untuk mencagah terjadinya tar tar gigi/karies semata.

saya sendiri baru tau kk tahun 2011 jadi newbie soal mpus. di tambah tidak adanya orang dekat/serkitar yg mendukung jadi ya.. (sering dianggab lebay dan aneh soal mpus)

dan mpus yang dulu di rumah (karena sekrang tak pernh pulang lagi) adalah mpus buangan alias. di buang waktu bayi tidak tau sapa yang buang. dan saya putuskan mrawat semaksimal kemampuan saya. maksud hati juga pengen ngerawat sampai tua mpusnya lah dalah, masalahnya adalah ketika tak ada, atau belum adanya layananan sterill atau mungkin saya yg belum ketemu (posisi sudah mencari tanyak kanan dan kiri tp belum dapat pencerahan).


jadi mau tidak mau ya pasrah. sering banget nyesal coba aja ada steril, mungkin saat ini di rumah mreka masih ada.

jd sedih ingetnya... dari berdarah darah masih bayi di rawat dah dewasa minggat gak pulang2. >.<




dear naughty monkey


salam kenal juga
hihi iya mpus ku si raion juga gitu dulu suka roti, bakpao, kripik, sampek gedek2 yang lihat. raion gendut banget 5 kg ada tuch. senengnya roti yang rasa coklat pula. setelah baca2 baru tau kalo coklat gak boleh di maem mpus. kasihan raion karena kebodahan majikannya dia maem cokat, minum teh n kopi susu juga.

kalo teh n kopi susu gara2 dulu sakit kurus saya kasih air gula biar bertahan. eh keterusan liad air teh/ kopi susu di gelas cucian piring di minum. kalo kopi susu sich prediksi karena aroma susu nya.

tapi emang perawatannya lebih mudah ya.. pokok mandi. dulu gak tau petshop saya mandikan pakek shampo bayi hehehe.. biar gak perih di mata. wkwkwkwk.. jadi inget dulu sering ngakak aku bego banget ya ternyata. >.< sampek sekarang masih bego juga tapi mendingan lah. hahah....
User avatar
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 135
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim

Re: mpus lokal T.O.P

Postby t3ru_neko » Thu Mar 07, 2013 3:05 pm

'
User avatar
t3ru_neko
Newbie
Newbie
 
Posts: 135
Joined: Tue Jan 25, 2011 5:42 pm
Location: pare_kediri_jatim


Return to OOT: ngobrol apa aja

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest